Halaman

Senin, 06 Juni 2011

Pertemuan ke dua a (teori organisasi umum 2) Pengertian Permintaan dan Penawaran



Pengertian Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh :
Pembeli di sebuah pasar yang berniat untuk membeli suatu barang yang sesuai dengan harga yang diinginkan. Hal ini berarti pembeli melakukan proses permintaan kepada seorang penjual.

Fungsi Permintaan

Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh :
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya kepada pembeli yang ada di pasar.

Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual dan semua faktor yang mempengaruhinya. Fungsi penawaran secara umum :
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Dimana :
            Qs : Jumlah barang yang ditawarkan
            Pq : Harga barang itu sendiri
            Pl.i : Harga barang-barang lain (i=1,2,…,n)
            O   : Tujuan-tujuan perusahaan
            T          : Tingkat teknologi yang digunakan

Sumber :

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Pemintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan pada saat waktu tertentu. Sedangkan yang dimaksud dengan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau yang ditawarkan pada suatu harga dan pada saat waktu tertentu.
Apabila dilihat dari daya beli konsumen permintaan dibagi menjadi 3, yaitu:

Permintaan Efektif

Permintaan efektif maksudnya yaitu permintaan konsumen terhadap barang dan jasa didukung dan disertai dengan daya beli.

Permintaan Absolut

Permintaan absolut ini kebalikan dari permintaan efektif, yaitu permintaan konsumen yang tidak didukung dan tidak disertai oleh daya beli namun hanya angan-angan.

Permintaan Potensial

Permintaan potensial ini berbeda dengan permintaan efektif dan permintaan absolute, mengapa? Karena permintaan potensial yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimilikinya.
Permintaan tidak hanya dilihat dari daya beli konsumen tapi permintaan juga dapat dilihat dari segi permintaan individu. Sedangkan yang dimaksud dengan permintaan individu adalah permintaan yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhannya.
Permintaan individu ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut:
Fungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan faktor-faktor yang mempengaruhnya.
Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, maka dapat disusun fungsi permintaan umum sebagai berikut :
Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Dimana :
            Qd : Jumlah barang yang diminta
            Pq   : Harga barang itu sendiri
            Ps.i : Harga barang-barang substitusi (i=1,2,…,n)
            Y    : Pendapatan
            S     : Selera
            D    : Jumlah penduduk.

Harga

Harga yaitu merupakan unsur utama yang mempengaruhui seseorang untuk membeli suatu produk, jika harga pokok itu semakin meningkat maka konsumen tersebut akan berusaha mengurangi pembelian produk.

Pendapatan

Pendapatan akan meningkat maka permintaan pun akan meningkat, tapi apabila seseorang mempunyai pendapatan yang menurun atau bahkan dikeluarkan dari pekerjaan dan tidak mempuyai pendapatan maka kita akan mengurangi permintaan kita.

Apabila barang lain yang berkaitan mengalami penurunan maka orang akan memilih barang tersebut daripada barang yang akan dibeli.

Selera

Apabila seseorang menyukai novel, maka dia akan membaca novel setiap hari sebelum dia tidur daripada membaca komik.

Ekspetasi

Ekspetasi sangat berpengaruh pada niat seseorang untuk membeli suatu barang atau jasa.
Antara permintaan dan penawaran dalam setiap transaksi perdagangan pun pasti ada permintaan dan ada juga penawara, harga dan kuantitas yang satu sama lain saling mempengaruhi, mengapa? Karena dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).

Apabila dilihat dari golongannya penawaran terbagi menjadi dua, yaitu:
Penawaran Individu
Dimana penawaran individu ini adalah penawaran yang dimiliki oleh seorang penguasa.
Penawaran besar atau kolektif
Yang dimaksud dengan penawaran besar atau kolektif yaitu penawaran yang terdapat pada pasar.




A. Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Dari referensi yang saya dapat, permintaan dapat digolongkan menjadi beberapa yaitu:
1. Permintaan dilihat dari daya beli konsumen ada 3 yaitu:
a. Permintaan efektif
Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang disertai dengan daya beli.
b. Permintaan Absoulut
c. Permintaan yang tidak didukung oleh daya beli namun cuma oleh angan-angan.
Contoh : seorang mahasiswa yang ingin membeli sebuah Laptop yang seharga 7.000.000 namun dia tidak mempunyai uang untuk membelinya.
d. Permintaan Potensial
Permintaan yang akan diwujudkan dengan sejumlah uang yang dimiliki. Sebagai contoh seorang ibu yang hanya mempunyai uang 15.000. dia ingin membelikan baju bagi anaknya yang berumur 6 tahun jadi ibu itu mencari baju yang seharga sesuai dengan uang yang dia miliki.
2. Permintaan dari segi pendapatan :
a. Permintaan konsumen adalah permintaan seluruh anggota masyarakat akan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya adalah membeli makanan.
b. Permintaan Pengusaha adalah permintaan akan faktor-faktor produksi untuk membuat barang atau jasa. Contohnya suatu perusahaan roti membeli tepung untuk membuat roti.
c. Permintaan Pemerintah adalah permintaan oleh pemerintah untuk pengeluaran belanja pemerintah.
d. Permintaan luar negeri adalah permintaan barang dan jasa yang datang dari luar negeri. Contohnya adalah barang-barang ekspor.
B. Penawaran
Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Sumber : http://organisasi.org
http://one.indoskripsi.com/node/3953adhemaluhusni@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar